Sabtu, 07 Januari 2012

Quiz Contest 16 Juli 2011

KEMERIAHAN QUIZ CONTEST 3 D ANTAR BANK DALAM RANGKA HUT BI ke-58 TAHUN 2011 DI KKBI PALEMBANG 

Dalam rangka memeriahkan HUT Bank Indonesia ke-58, KKBI Palembang untuk pertama kali mengadakan Lomba Quiz Contest 3 D Antar Bank pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2011 memperebutkan Piala Bergilir Pemimpin Bank Indonesia Palembang. Dalam kegiatan tersebut Bp. Didy Laksmono R selaku Pemimpin Bank Indonesia Palembang mengatakan bahwa lomba diadakan dengan maksud untuk mengukur kemampuan dan memotivasi pegawai bank khususnya yang berada di frontliner mengenai ciri-ciri keaslian uang rupiah dan ketentuan Bank Indonesia seperti ketentuan kegiatan setoran-bayaran, ketentuan penggantian uang rusak, ketentuan pelaporan uang palsu serta ketentuan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Teroris. Hal senada diungkapkan oleh Deputi Pemimpin Bank Indonesia Palembang Bp. Bambang Wibisono, bahwa Bank Indonesia mengadakan lomba untuk menekan peredaran uang palsu dan kasus kejahatan perbankan lainnya, juga mengharapkan agar semua pegawai bank khususnya bagian perkasan wajib mengetahui apa dan bagaimana tentang indikasi kejahatan pemalsuan uang dan money laundering serta memahami ketentuan yang ada.  
Lomba diikuti oleh 35 bank di wilayah kerja KKBI Palembang yang sangat antusias dan dibuktikan dengan hadirnya supporter dari masing-masing bank yang mengenakan atribut beraneka ragam. Piala pemenang lomba diserahkan langsung oleh Bp. Didy Laksmono R dan Bp. Bambang Wibisono kepada pemenang lomba yaitu PT. Bank Bukopin sebagai Juara 1, PT. BNI Syariah sebagai Juara 2,  PT. Bank Central Asia, Tbk sebagai Juara 3. Sedangkan Juara Favorit dimenangkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah dengan kriteria penilaian yel-yel, seragam yang digunakan, dan dukungan supporter. Disamping itu, KBI Palembang memberikan penghargaan berupa BI-Award kepada 3 bank yaitu : PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk sebagai bank terbaik pelaporan ke mailing list, cash flow, dan TUKAB, PT. Bank Central Asia, Tbk sebagai bank terbaik pelaporan penemuan uang palsu, serta PT. Bank Sumsel Babel sebagai bank terbaik pelaksana BI-RTGS dan SKNBI.
Walaupun baru pertama kali diadakan, namun seluruh peserta lomba termasuk supporter sangat antusias, bahkan salah seorang peserta yang kalah dengan nada guyon menantang peserta yang Juara untuk bertanding lagi tahun depan dengan harapan akan mengalahkannya. Bambang Joko S, sebagai penggagas dan penyusun acara mengatakan bahwa selama ini Bank Indonesia khususnya Seksi Operasional Kas selalu melakukan Sosialisasi Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah kepada masyarakat terutama perbankan termasuk ketentuan Sistem Pembayaran Tunai, namun alat ukur apa yang digunakan untuk mengetahui pemahaman pegawai bank tersebut mengenai Ciri-ciri keaslian uang rupiah dan ketentuan Bank Indonesia di Bidang Sistem Pembayaran Tunai, bahkan mungkin setelah petugas bank pulang ke bank masing-masing, materi yang diberikan belum tentu dibaca dan dipahami untuk diterapkan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Nah, berdasarkan pemikiran tersebut, lomba Quiz Contest 3 D tersebut merupakan salah satu solusi yang baik, sehingga bank-bank berlomba-lomba menyiapkan pegawainya untuk membaca ketentuan guna mengikuti lomba yang rencanakan akan menjadi kalender tahunan KKBI Palembang. Satu hal positif yang dapat berguna bagi Bank Indonesia, bahwa lomba ini dapat di adopsi oleh Kantor Pusat khususnya Direktorat Pengedaran Uang dan menjadi kalender tahunan Bank Indonesia, dimana setiap KBI mengadakan lomba Quiz Contest 3 D dan pemenang lomba dari masing-masing KBI dipertemukan secara nasional, hal itu yang tercetus dari pemikirannya. Pemikiran tersebut juga di amini oleh Bp. Rachmat Setiyono.
Hal serupa juga diungkapkan oleh Bp. Herry Irman selaku Ketua Pelaksana sekaligus Kepala Bidang Sistem pembayaran bahwa Bank Indonesia sebagai pembuat ketentuan terutama ketentuan di bidang sistem pembayaran tunai memiliki kewajiban moral mengarahkan pegawai bank mengetahui dan menerapkan ketentuan perbankan seperti ketentuan system pembayaran tunai, mengenali ciri-ciri keaslian uang rupiah, dan pengetahuan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Tindak Pidana Teroris.
Seusai acara seluruh panitia dan pejabat KBI Palembang berfoto bersama dengan Pemimpin Bank Indonesia Palembang dan Deputi Pemimpin Bank Indonesia Palembang guna merayakan suksesnya penyelenggaraan acara. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar